Windows7 Live CD dengan Winbuilder

Mungkin sebagian orang pernah mengalami kerusakan Windows seperti yang pernah saya alami. Saya pernah mengalami kerusakan pada system Windows7. Setiap kali di hidupkan hanya sampai pada bootscreen dan komputer restart lagi. Hal ini dikarenakan ada beberapa file system yang corrupt. Mungkin akibat terinfeksi virus, dan harus di install ulang. Celakanya ada beberapa file penting yang tersimpan. Jika saya lakukan install ulang, tentu saja file tersebut akan hilang karena terformat. Nah setelah saya browsing dan mencari solusi, saya mendapat cara mengatasinya yaitu dengan membuat Windows Live CD atau Windows Live DVD.

Live CD Linux mungkin sudah banyak yang tahu karena OS Linux sudah banyak beredar dalam Live CD, tapi jika Live CD Windows mungkin hanya sebagian orang yang tahu. Menurut saya Live CD adalah versi OS yang bisa dijalankan melalui CD layaknya telah terinstall pada harddisk. Jadi tanpa harus melakukan fresh install OS sudah bisa berjalan normal melalui Live CD.

Live CD sangat bermanfaat digunakan untuk backup data dan atau untuk memperbaiki windows yang rusak karena serangan virus.

Oke, langsung saja......
Pertama anda perlu medownload utility WinBuilder disini untuk membuat Windows7 Live CD (versi terbaru sudah mendukung versi 86 bit dan 64 bit). Tools ini membutuhkan koneksi internet untuk mendownload script dan utility pendukung lainnya. Jalankan WinBuilder, maka akan tampil seperti berikut:
Beri tanda check pada "updated.boot-land.net" dan "win7pe.winbuilder.net/projects"
Ubah ke Complete pada default page.
Lalu klik buton "Download" dibawah. Maka secara otomatis files pendukung akan di download.

Setelah proses download selesai, tampilan akan berubah seperti berikut:
Pada tab "sources" tentukan path dari DVD OS Windows7 anda.

kemudian klik button "Play"

Sampai tahap ini proses telah berlangsung, jadi silahkan anda tunggu sampai selesai sambil minum kopi dan makan cemilan seadanya. Proses berlangsung kurang lebih 15-30 menit.

Jika terjadi pesan error seperti ini :

First, you need to find all following files before you build.
You can find some of them in http://ludovici.winbuilder.net, FileManager (FltMgr\...) must be from xp sp3 or above.
devcon.exe
imagex.exe
wimgapi.dll
wimfltr.sys
wimfltr.inf
FltMgr\fltlib.dll
FltMgr\fltMc.exe
FltMgr\fltmgr.inf
FltMgr\fltMgr.sys
FltMgr\wimfltr.inf
FltMgr\WimFltr.sys
intlcfg.exe

artinya file-file tersebut belum terdownload. Silahkan download disini (u/ windows7 x86). Ekstrak file tsersebut pada folder \Tools\win7pe pada root WinBuilder anda. Kemudia ulangi lagi langkah diatas (Klik Start) untuk mengulangi proses. Tunggu sampai proses selesai.
Anda bisa juga menambahkan addon yang bisa anda lihat disini
Jika telah selesai maka akan tercipta file 7PE_x86.iso pada folder ISO dalam root WinBuilder anda . Burn file iso tersebut pada media CD dan Windows7 Live CD sudah siap digunakan.

Semoga bermanfaat....!!!!!
Share on Google Plus

About rodhie sutrawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment