Android - SDK Ice Cream Sandwich akan dirilis 20 November Mendatang

Berita menggembirakan hadir buat para pecinta Android, dimana pihak developers telah mengumumkan SDK Ice Cream Sandwich akan dirilis pada tanggal 20 November 2011 mendatang. Android kini telah berkembang sebagai platform yang paling banyak digunakan di dunia. Namun ada dua versi Android yang berbeda, yaitu antara tablet dan smartphone.  Ice Cream Sandwich merupakan rilis Android versi 4 yang merupakan penggabungan dari versi 2.3 (Gingerbread) dan 3.0 (Honeycomb). Dari beberapa review yang saya lihat di internet, Ice Cream Sandwich mempunyai tampilan (GUI) yang lebih menarik dari pada versi Android sebelumnya.

Sebenarnya peluncuran Ice Cream Sandwich telah dilakukan  pada 19 Oktober lalu , bertepatan dengan peluncuran ponsel Galaxy Nexus yang diklaim sebagai perangkat pertama gunakan Android versi terbaru itu. Namun sampai saat ini ponsel tersebut belum beredar secara merata ke seluruh penjuru dunia.

Hal ini juga merupakan kabar yang mengembirakan bagi para para pencinta Sony Ericsson Xperia Series 2011 yang juga akan mendapat jatah kebagian OS terbaru Android 4 Ice Cream Sandwich. Jajaran keluarga Xperia Series yang kemungkinan besar akan mendapatkan update Ice Cream Sandwich, antara lain Xperia Arc, Xperia Pro, Xperia Mini dan Xperia Play yang difokuskan bagi para gamer.

Ada baiknya kita menyimak fitur-fitur ataupun inovasi yang akan diterapkan pada Android 4 Ice Cream Sandwich. Ada empat inovasi yang patut disimak yaitu Android Beam, Face Unlock, Wi-Fi Direct dan Bluetooth HDP. 

Android Beam 

Android Beam merupakan inovasi dari Android yang  berfungsi sebagai system pertukaran antar perangkat yang memiliki basis NFC (Near Field Communication). Dengan Android Beam akan memberikan kemudahan dalam bertukar aplikasi, nomor kontak, musik, video, dan lain sebagainya bahkan hampir kesluruhan bisa dikirmkan dengan tanpa membuka menu, tanpa meluncurkan aplikasi apapun, tanpa pairing. Intinya dengan fitur Android Beam ini Anda bisa saling berbagi antar hape. Cara kerja Android Beam adalah dengan saling menyentuhkan hape Android dan tap untuk kirim. Aplikasi individual pun bisa dibangun pada Android Beam untuk menambahkan interaksi yang berbeda misalnya mengirimkan hasil skor game, mengajak teman bermain multiplayer game, chatting dan masih banyak lagi.

Face Unlock

Dari namnya saja kita sudah bisa menebak bahwa Face Unlock adalah suatu aplikasi pengamanan. Anda bisa membuka pengunci layar smartphone Anda hanya dengan wajah Anda sendiri. Inovasi baru ini memanfaatkan kamera yang ada di depan smartphone dan teknologi pengenal wajah. Teknologi pengenal wajah ini diaktifkan dengan cara merekam wajah saat setup smartphone  Anda.

Wi-Fi Direct

Inovasi lain dari Ice Cream Sandwich adalah adanya Wi-Fi Direct. Fungsi ini membuat Anda bisa menghubungkan secara langsung pada perangkat peer terdekat melalui Wi-Fi. Fungsi ini tidak perlu koneksi internet atau tethering. Melalui aplikasi third-party, Anda bisa menghubungkan pada perangkat kompatibel untuk mengambil fitur-fiturnya seperti berbagi file, foto, atau media lain, video atau audio streaming, dari perangkat lain, koneksi ke printer, dan lain-lain.

Bluetooth HDP (Health Device Profile)

Android 4.0  Ice Cream Sandwich juga memiliki fungsi baru built-in untuk dapat menghubungkan perangkat smartphone Anda dengan perangkat yang memiliki Bluetooth HDP.  Melalui aplikasi third-party, misalnya smartphone berbasis Android Ice Cream Sandwich bisa terhubung dengan perangkat medik dan sensor nirkabel di rumah sakit, fitness center, rumah, dan lain-lain. Android 4.0 juga bisa terkoneksi dengan perangkat audio Bluetooth berkualitas lebih tinggi dengan dukungan Bluetooth Hands Free Profile (HFP) 1.6.


Artikel terkait:
 

 

Share on Google Plus

About rodhie sutrawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment