Sony Ericsson Xperia Play - [UPDATED] Install DoomKernel, Tweaking dan Overclock

Ada kalanya kita ingin melakukan tweaking dan overclock pada device android kesayangan untuk mendapatkan kinerja yang maksimal. Hal ini juga saya alami, dengan menggunakan jasa OM GOOGLE , akhirnya saya menemukan tips n triks melakukan Overclock pada device Android, dalam hal ini Xperia Play karena saya adalah salah satu pengguna smartphone gaming dari pabrikan Sony Ericsson tersebut. 

PERLU DIINGAT !!!
(Device Android/Xperia Play sudah dalam keadaan ROOT. Lakukan dengan akal sehat, Overclock bisa membuat device/smartphone android  anda mengalami kerusakan. Segala kerusakan yang terjadi merupakan tanggung jawab sendiri).

Mari kita simak langkah-langkahnya:
  • Tweaking sd performance (ROOTED NEEDED); meningkatkan kinerja sdcard dapat menggunakan aplikasi sd booster, increased speed sd, ato sejenisnya yang bisa di donlot dari market.
  • Tweaking RAM (ROOTED NEEDED); mengoptimalkan kinerja RAM dengan menambahkan script pada root system.  Sebelumnya install dulu di Xperia Play anda aplikasi Root Explorer, donlot disini   Install pada Xperia Play anda. Donlot TweakRAMscript disini . Extract, lalu copy paste ke sdcard. Jalankan aplikasi root explorer, copy file “S97ramscript” ke folder  “/system/etc/init.d”.  Jika folder “init.d” belum ada buat folder tersebut menggunakan aplikasi root explorer. Kemudian setting permission file tersebut menjadi “rwxrwxrwx”. Reboot device anda……

Cara install/flash kernel (DOOMKERNEL):
  1. Jalankan Fastboot (klik kanan area kosong pada folder Fastboot, pilih “Open command windows here”. Akan terbuka cmd window. 
  2. Matikan Xperia Play Anda. Hubungkan Xperia Play anda ke PC via USB sambil menekan tombol search (fastboot mode). Tahan beberapa saat sampai Led pada Xperia Play anda berubah menjadi warna BIRU 
  3. Kembali ke cmd window, ketikkan perintah berikut “fastboot  flash boot  boot.img” tanpa tanda petik (“). 
  4. Restart …. 
  5. Dikarenkan pada versi doomkernel terbaru telah disediakan modul wifinya untuk memperbaiki bugs LIMITED CONNECTION saat menggunakan DoomKernel (for doomkernel versi 07 keatas) maka MODUL tersebut mesti diinstal juga jika kita memakai doomkernelv07 keatas.
  6. Cara install modul tersebut, pertama copy modul tersebut "PLAY-DooMKernel-v8-modules_CWM.zip" ke SD Card. 
  7. Restart Xperia Play Anda.
  8. Saat booting pertama (udah tampil logo Doomkernel) tekan tombol "back" pada XPeria Play agan secara berulang-ulang untuk masuk pada menu "CLOCK WORK MODE (CWM)"
  9. Setelah masuk ke menu CWM, pilih pada pilihan "install zip from sdcard" tekan tombol "search" pada xperia play anda  (TOMBOL "BACK"= untuk kembali kemenu utama, TOMBOL "HOME"=untuk navigasi arah naik "up", TOMBOL "MENU" = untuk navigasi arah turun "down", TOMBOL "SEARCH" = untuk pilihan "OK/Select")
  10. pilih pada pilihan "choose zip from sdcard" tekan tombol "search" pada xperia play anda
  11. Sekarang arahkan ke file "PLAY-DooMKernel-v8-modules_CWM.zip"yang baru anda copy tadi.
  12. Jika sudah ketemu dengan file "PLAY-DooMKernel-v8-modules_CWM.zip" tersebut tekan tombol "search" untuk melakukan instalasi modul. Tunggu sampai proses install selesai.
  13. Jika instalasi telah selesai, pada  Xperia Play Anda dengan menekan tombol "back" untuk kembali ke menu utama CWM dan pilih pada pilihan  "reboot option" tekan tombol "search". Kemudian pilih pada pilihan "reboot system now" untuk melakukan restart.
  14. Untuk melakukan OVERCLOCK pada Xperia Play anda, jalankan aplikasi overclock (saya memakai CPU Master Free). Lakukan setting overclock setahap demi setahap..

Semoga membantu....
 IMAGE SOURCES:

 





Share on Google Plus

About rodhie sutrawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 komentar :

mojo mengatakan...

Gan,,apa bedanya tweaking ram diatas dibandingin ama tinggal make app yg ada di market?
Truz low unlock bootloader brarti qta ga bza lagi update software OTA ya? Overclocking apa ga bikin panes xplay makin menjadi2? Truz kernel thu ada cacatnya gak? Ex: bluetooth,telvon,bla3 bermasalah?

alit mahendra mengatakan...

Kak,gimana caranya paste di folder init.d untuk ningkatin performa ramnya?
Mohon bantuannya ya..

bloggersukasuka mengatakan...

Seperti yg sudah dijlaskan diatas, OC berisiko pada kerusakan smartphone karena OC adalah. melakukan set diatas normal dr smartphone atau device anda apalgi jika digunakan terus menerus. lakukan oc seperlunya saja.
Untuk mengkopy file script ke init.d gunakan root xplorer dan mount as r/w (ada pd pojok kanan atas)

Anonim mengatakan...

gan mau tanya nieh ,,,

bisa minta videonya biar lebih jelas gann , biar gak seperti xplay tmenku , abis di bootload , hilang semua filenya dia

minta tolong dong

bloggersukasuka mengatakan...

Maaf gan ane kebetulan gx bikin video tutornya.
Kmngikan besar teman agan melakukan factory reset dan me-wipe seluruh datanya, karena mustahil jika hanya overclock ato tweak bisa menghapus data sdcard kecuali jika si empunya xplay melakuka wipe all.data.( sdcard/internal memory.